-->
 
 

Rabu, 03 Juli 2013

Jumlah Korban Gempa Aceh

Badan Nasional Penangggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga saat ini sudah ada 24 orang yang meninggal dunia, dua orang hilang dan 249 orang luka-luka akibat gempa bumi di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah, Aceh pada kemarin siang. Demikian dikatakan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jakarta, Rabu (3/7/2013).

"Dari total tersebut di Bener Meriah terdapat 14 orang meninggal, 43 orang luka-luka dan Muyan Kute, 50 orang dirawat di Puskesmas Pante Raya, 16 orang di Puskesmas Lampaha. Untuk di Aceh Tengah ada 10 orang meninggal dunia, 140 orang luka-luka," katanya.

Lalu, lebih dari 400 rumah rusak akibat gempa tersebut. Selain itu, sejumlah infrastruktur juga rusak. Meski belum terinventarisir semua, dua buah buldoser disiagakan di Takengon untuk penanganan jalan.

"Kerugian dari kerusakan belum dihitung karena fokus utama kita adalah penanganan darurat, khususnya penananganan dan pencarian korban," ujar Sutopo.

Saat ini, Sutopo menjelaskan, sudah ada 15 titik pengungusian. Lima titik di Bener Meriah dan 10 titik di Aceh Tengah. "Belum kita data seluruhnya, tapi dari salah satu titik pengungsian ada yang berisi 700 orang," ujarnya.

BNPB sendiri sudah memperdayakan sebuah helikopter Colibri TNI AU yang berada di Pekanbaru untuk dikirimkan ke Aceh. Tujuannya untuk penyelamatan dan pencarian korban. Lalu, Pesawat CN 235 untuk foto udara dan kaji cepat kerusakan dampak gempa. Selain itu, juga menyewa dua pesawat Susi Air untuk pengangkutan tim.

BNPB sendiri diinstruksikan oleh presiden untuk melaksanakan penyelamatan terhadap para korban gempa dengan berkoordinasi dengan lembaga terkait, seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Kementerian PU, TNI, Polri, PMI. Namun, dalam penangananya tetap dilakukan oleh Pemda selaku pusat koordinasinya.

"BNPB tidak mengambil alih, kita hanya lakukan pendampingan, tanggungjawab utama ada di Pemda," terangnya.Nah namun saat ini jumlahnya bertambah



Selain di Kabupaten Bener Meriah, korban tewas akibat gempa juga bertambah di Aceh Tengah. Hingga sore ini tujuh jasad ditemukan dari reruntuhan gempa, sehingga jumlah korban tewas di kabupaten itu kini sudah 17 orang.

“Sudah 17 meninggal dan 140 luka-luka. Itu dulu updatenya,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Aceh Tengah, Subhan Sahara, saat dihubungi dari Banda Aceh, Rabu (3/7/2013).

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan korban tewas Bener Meriah dan Aceh Tengah sebanyak 24 orang. Dengan data terakhir ini berarti korban tewas gempa Aceh sudah 31 orang.

Subhan tak merinci dari mana saja asal korban. Identitasnya juga belum diketahui. Pendataan terhadap korban masih terus dilakukan. Terganggunya sarana komunikasi di lokasi gempa, khususnya di Aceh Tengah, membuat banyak data tak terinput maksimal.

Kepala Bidang Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ace, Zukarnaini mengakui, akses komunikasi ke dua daerah terparah ditimpa gempa sangat sulit, khususnya untuk Aceh Tengah. “Komunikasi ke Aceh Tengah sangat sulit,” sebutnya.

Untuk memudahkan komunikasi, BPBA kini sudah mengerahkan seunit mobil komunikasi ke Bener Meriah. Selain itu pihaknya juga sudah mengirim tim relawan, SAR, mobil operasional, serta tenda-tenda darurat ke sana.

Sementara itu, Dinas Sosial Aceh juga sudah mengerahkan dua truk bantuan logistik berupa gula, minyak goreng, beras, mi instan dan lainnya ke Bener Meriah. Sedangkan Dinas Kesehatan mengirim tim medis ke sana.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Blogger Berita Terkini Di Indonesia dan kumpulan Gadget Murah Terbaru 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Ilham Abi Manyu | Published by Premium Wordpress Themes
Jumlah Korban Gempa Aceh - Blogger Berita Terkini Di Indonesia dan kumpulan Gadget Murah Terbaru