-->
 
 

Selasa, 08 November 2011

Kapal Pembawa Obor Sea Games XXVI

Sebanyak 18 atlet Indonesia ikut memeriahkan kirab obor api SEA Games 2011 di Jakarta Sabtu (5/11). Setelah melalui 18 etape mengelilingi beberapa lokasi di ibu kota, akhirnya obor api tersebut diberangkatkan menggunakan kapal pesiar Tuna Wisesa 03 dan Tuna Wisesa 08 ke Palembang sebagai tempat utama penyelenggaraan.

Perjalanan obor api yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB itu diarak pertama kali oleh atlet binaraga Ade Ray. sebanyak 26 pelari dari marinir bersama puluhan pelajar berlari menuju etape berikutnya.

Kirab yang dilakukan jelang empat hari hajatan pesta olah raga negara-negara Asia Tenggara menyelesaikan etape terakhir di Kantor Wali Kota Jakarta Utara oleh atlet pemenang kejuaraan Mahasiswa ASEAN, Wisnu Nugroho.

Setelah melakukan pengisian ulang api di beberapa etape, akhirnya Duta Obor DKI Jakarta Icuk Sugiarto membawa obor ke Pelabuhan Kolinlamil, Tanjung Priok sekitar pukul 17.00 WIB. Pada acara pemberangkatan obor ke Palembang oleh panitia SEA Games 2011, Inasoc.

Kali ini, obor api tersebut dilayarkan dari Jakarta menuju Palembang menggunakan kapal pesiar milik Artha Graha Group. Kapal tersebut terbilang wah.. karena fasilitasnya tidak kalah dengan hotel berbintang. Selain kapal pesiar juga ada kapal bantuan TNI AL.

Kapal-kapal tersebut selanjutnya digunakan sebagai kapal penginapan panitia SEA Games 2011. Hal ini dilakukan karena terjadi kekurangan akomodasi di Palembang. Sehingga, kamar-kamar hotel dan lainnya dapat leluasa digunakan para oficial 11 negara peserta dan para atlet beristirahat dengan baik.

"Ini merupakan bentuk dukungan kami kepada SEA Games. Kami mendengar kabar kekurangan penginapan. Kita bantu dengan menyediakan kapal yang bisa dipakai untuk penginapan," terang Direktur Eksekutif Artha Graha Peduli Heru Darsono, Sabtu (5/11).

Perlu diketahui, fasilitas penginapan mewah selama pelaksanaan SEA Games XXVI berlangsung (11-22 November 2011) di Palembang sudah dimanfaatkan. Menurut Heru, tambahan dari Artha Graha Peduli diharapkan dapat membantu panitia Inasoc tinggal di kapal tersebut.

Tidak hanya anggota Inasoc, tamu atau wisatawan yang bakal singgah di atas kapal yang berkecepatan 11 knot itu. Namun, kapal bukan diperuntukkan untuk kontingen Indonesia. Sehingga tidak ada yang di kapal.

Selain sebagai bentuk kerjasama antara pemerintah dan swasta, kata Heru, pihaknya sangat tertarik dengan antusias masyarakat atas SEA Games dimana Indonesia menjadi tuan rumah untuk keempat kalinya.

"Cara antusias masyarakat cukup besar mengingat penyelenggaraan ini hanya dua tahun sekali. SEA Games kali ini masyarakat lebih antusias. Kita tentu ingin bekerjasama dengan berpartisipasi langsung," jelasnya.

Sebelumnya, api SEA Games ini dibawa ke jalan-jalan protokol Ibukota. Obor api untuk kemudian dipersiapkan di pembukaan SEA Games pada Jumat 11 November 2011.

Itulah yang dilakukan oleh para panitia sebelum Sea Games pesta Rakyat untuk warga Indonesia


W3 Directory - the World Wide Web Directory

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Blogger Berita Terkini Di Indonesia dan kumpulan Gadget Murah Terbaru 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Ilham Abi Manyu | Published by Premium Wordpress Themes
Kapal Pembawa Obor Sea Games XXVI - Blogger Berita Terkini Di Indonesia dan kumpulan Gadget Murah Terbaru